Telaga Warna

Telaga Warna adalah salah satu objek wisata di dataran tinggi Dieng, Kota Wonosobo, Jawa Tengah. Meskipun hanya sebuah telaga, namun namanya telah dikenal luas sebagai lokasi liburan dan menjadi andalan Kota Wonosobo di sektor pariwisata.

Telaga Warna bukan telaga biasa. Telaga warna menyimpan misteri, keindahan, dan keunikan tersendiri yang mungkin tidak akan ditemukan di tempat lain. Salah satu keunikan yang paling fenomenal dan membuat penasaran adalah airnya bisa berubah warna. Airnya kadang berubah menjadi hijau, kuning, dan kadang-kadang juga bisa berwarna-warni seperti pelangi.

Selain keunikan tersebut, Telaga Warna juga memiliki banyak keindahan lain. Karena termasuk ke dalam kawasan wisata Dieng Plateau, para pengunjung juga bisa menjelajah ke beberapa objek wisata lain di sekitarnya sambil menghabiskan waktu di sini.

Aktivitas Wisata Telaga Warna

Seperti tempat wisata lain, Telaga Warna juga merupakan tempat yang nyaman untuk bersantai. Bahkan bisa dikatakan di lokasi ini kamu akan menemukan ketenangan sesungguhnya.

Untuk mendapatkan pemandangan terbaik, kamu disarankan untuk datang ke sini pada pagi atau siang hari. Karena saat itulah cuaca dan cahaya matahari bisa menyoroti airnya dengan sempurna. Sedangkan di sore hari, kawasan sekitar akan tertutupi oleh kabut dan dapat menghalangi pemandangan.

Selain itu, menyaksikan bentangan air dari ketinggian juga lazim dilakukan oleh para pengunjung. Tidak jauh dari telaga, terdapat Batu Ratapan Angin. Dari sinilah biasanya para pengunjung menikmati keindahan Telaga Warna.

Dari atas Batu Ratapan Angin, kamu juga bisa melihat keindahan Telaga Pengilon yang bersebelahan dengan Telaga Warna. Juga beberapa perbukitan dan pegunungan di belakang keduanya dengan ratusan pepohonan hijau di atasnya.

Jika bosan, kamu juga bisa mencoba menjelajah objek wisata lain yang juga tidak jauh dari Telaga Warna. Beberapa di antaranya adalah Dieng Plateau Theatre, Gua Sumur Eyang Kumalasari, Gua Jaran Resi Kendaliseto, Gua Pengantin, dan juga Gua Semar dengan hiasan patung arca di depannya.

Gua terakhir, yaitu Gua Semar, bahkan dipercaya bisa menyembuhkan penyakit dan mempercantik kulit hanya dengan mandi di kolam yang ada di dalamnya. kamu mungkin perlu mencoba langsung untuk membuktikan keajaiban air kolam tersebut.

Rute Menuju Lokasi

Telaga Warna terletak di kawasan wisata dataran tinggi Dieng yang berada di atas ketinggian 2000 mdpl. Secara administratif, Telaga Warna berada di Dusun Kalilembu, Dieng, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. kamu dapat menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum untuk sampai ke sana. 

Patokannya adalah kawasan wisata dataran tinggi Dieng. Setelah sampai di pintu masuk, kamu hanya perlu mengambil jalur kiri di pertigaan tersebut. Sekitar 500 meter kemudian, kamu akan sampai di Telaga Warna. Jika kamu datang dari luar kota Wonosobo, kamu dapat memulai perjalanan dari pusat kota Wonosobo ke arah utara, yaitu jalur Wonosobo-Dieng. 

Dari pusat kota, waktu tempuh ke Dieng hanya sekitar 45 menit. Setelah sampai di Dieng, kamu dapat mengarahkan tujuan kamu ke lokasi wisata dataran tinggi Dieng.

Harga Tiket Masuk

Untuk menikmati segala keindahan Telaga Warna, kamu harus membayar tiket masuk seharga Rp. 7000. Jika kamu membawa kendaraan pribadi, kamu juga harus membayar biaya parkir sebesar Rp. 5000 untuk mobil dan Rp. 2000 untuk sepeda motor. 

Totalnya tidak lebih dari Rp. 15000, harga yang sangat terjangkau untuk semua yang ingin menikmati keindahan Telaga Warna. kamu dapat berkunjung ke tempat ini setiap hari, karena kawasan ini dibuka 24 jam. Namun, waktu terbaik untuk berkunjung adalah pada pagi dan siang hari.