Telaga Merdada

Telaga Merdada adalah danau terluas yang ada di dataran tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Yang unik dari telaga ini adalah bahwa ia tidak memiliki sumber air, melainkan hanya mengkumpulkan curahan air hujan untuk memenuhi area danau tersebut.

Tampungan Telaga Merdada yang besar ini debit airnya hanya bersumber dari curah air hujan saja. Sehingga ketika musim kemarau tiba, air di Telaga Merdada akan perlahan surut. Hingga kadang-kadang, bagian tengah kolam penampungan pada telaga yang biasanya tertutup air ini bisa terlihat jelas. Selain digunakan sebagai sarana irigasi atau pengairan oleh warga setempat, Telaga Merdada juga dimanfaatkan dalam sektor pariwisata dan area pemancingan.

Harga Tiket Masuk

Dieng atau Dihyang adalah kawasan dataran tinggi dan pegunungan di pulau Jawa yang penuh dengan budaya dan tempat wisata yang menakjubkan. Salah satunya adalah Telaga Merdada yang penuh dengan sajian menarik.

Saat berada di Dieng, Telaga Merdada merupakan salah satu tempat yang wajib dikunjungi dan dijelajahi. Berbagai pemandangan alam yang menakjubkan menjadi daya tarik utama yang akan membuat siapa saja takjub.

Selain itu, untuk mengisi waktu libur dengan berkunjung ke Telaga Merdada, para pengunjung tidak perlu keluar biaya yang banyak. Harga tiket masuk ke Telaga Merdada di Dieng hanya sebesar 5.000 rupiah per orang, sangat murah bukan?

Biaya yang terjangkau ini menjadi salah satu keunggulan yang membuat Telaga Merdada Dieng selalu ramai dikunjungi. Terutama saat akhir pekan dan musim liburan.

Kamu dapat berkunjung ke Telaga Merdada kapan saja, namun sebaiknya sebelum hari gelap, karena saat hari masih cerah adalah waktu terbaik untuk menikmati keindahan alam yang mempesona di Telaga Merdada.

Alamat dan Rute Lokasi

Lokasi Telaga Merdada berada di kawasan seluas 25 hektar dan ketinggian sekitar 2.045 meter di atas permukaan laut. Suasana yang ditawarkan pasti akan membuat siapa saja merasa nyaman dengan udara sejuk, bebas polusi, dan alam yang asri.

Alamat Telaga Merdada berada di Dusun Pauan, Desa Karangtengah, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Provinsi Jawa Tengah. Telaga terluas di Dieng ini dikelilingi oleh dua bukit, yaitu Semurup dan Pangonan yang hijau dan masih terjaga keaslian alamnya.

Akses jalan menuju Telaga Merdada cukup baik meskipun didominasi oleh jalur yang terus menanjak. Karena letaknya yang berada di pegunungan, disarankan untuk menggunakan kendaraan yang sehat.

Fasilitas

Wisata alam Dieng ini telah didukung oleh sarana prasarana yang cukup baik. Berikut ini adalah fasilitas yang tersedia di Telaga Merdada:

  • Tempat parkir kendaraan
  • Toilet umum
  • Fasilitas air bersih
  • Tempat duduk
  • Area memancing
  • Gazebo
  • Spot foto menarik

Menikmati pemandangan indah Telaga Merdada yang terhampar luas sambil bersantai dan bercengkrama dengan orang-orang terkasih akan terasa istimewa. Ditambah dengan angin khas pegunungan yang mampu memberikan kesan rileks kepada setiap pengunjung. Rasa lelah dan stres akan hilang seketika setelah tiba di Telaga Merdada untuk berwisata dengan suasana yang bahagia.

Spot Wisata

Panorama alam merupakan daya tarik utama ketika berkunjung ke Telaga Merdada sebagai alternatif mengisi waktu luang di hari libur. kamu akan dapat menikmati pemandangan luas dari telaga, serta perbukitan hijau yang indah.

Bukit Pangonan dan Semurup yang mengelilingi Telaga Merdada membuat danau Dieng ini semakin cantik. Tinggi dari bukit-bukit hijau ini juga menjadi favorit bagi para wisatawan yang ingin berfoto-foto untuk menjadikannya sebagai latar belakang.

Ada banyak sudut yang indah di Telaga Merdada yang tidak boleh dilewatkan ketika berselfie, berfoto bersama, atau merekam video. Abadikan momen kamu sebanyak mungkin dengan menjadikan spot di Telaga Merdada sebagai latar belakang agar pengalaman kamu semakin berkesan.