Batu Angkruk

Banyak wisatawan yang sudah mengenal dataran tinggi Dieng sebagai destinasi wisata favorit di Wonosobo. Tidak haran memang, karena dataran tinggi Dieng menawarkan udara yang sejuk dan suasana khas pegunungan yang nyaman dan asri serta banyak tempat wisata dengan pemandangan yang indah. 

Salah satu tempat wisata yang menarik perhatian di dataran tinggi Dieng adalah Batu Angkruk Dieng yang terletak di samping jalan utama Wonosobo-Dieng.

Tempat wisata ini menyajikan keindahan pemandangan alam yang dilihat dari atas bukit dan bebatuan serta keindahan pemandangan sunrise di pagi hari, senja di sore hari, dan pemandangann lautan awan yang tebal.

Batu Angkruk Dieng awalnya merupakan tempat untuk pertunjukan sendra tari yang berbentuk panggung terbuka dengan tempat duduk berundak seperti tangga dengan layout yang terlihat seperti bentuk tapal kuda untuk para pengunjung.

Batu Angkruk menawarkan banyak spot unik untuk foto, mulai dari kereta kencana, tempat duduk yang unik, hingga jembatan kaca yang menyajikan panorama dari ketinggian. Salah satu spot yang menjadi ciri khas Batu Angkruk Dieng adalah taman dengan rumput sintetis yang menawarkan pemandangan cantik dari Gunung Sindoro dan perbukitan di sekitarnya di sisi selatan. Spot lain yang juga menjadi ciri khas tempat wisata ini adalah Teras Kaca yang instagramable untuk foto.

Perlu diketahui bahwa di sekitar Batu Angkruk ada beberapa tempat wisata lain dengan nama yang mirip. Pertama ada Watu Angkruk di bagian paling selatan, Bukit Angkruk di bagian paling utara, dan Batu Angkruk sendiri di bagian tengah. Ketiga tempat wisata tersebut memiliki karakteristik dan keunikan yang berbeda masing-masing.

Lokasi Batu Angkruk

Lokasi atau alamat lengkap dari Batu Angkruk Dieng adalah Jl. Dieng Km.22, Sidorejo, Tieng, Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, 56534. 

Tempat wisata ini mudah dijangkau karena terletak di pinggir jalan Wonosobo-Dieng, tepatnya di atas Rest Area Gardu Pandang Dieng. Karena berada di kawasan wisata Dieng, Wonosobo, akses ke lokasi juga cukup mudah.

Fasilitas

Batu Angkruk memiliki fasilitas yang dapat digunakan oleh para pengunjung, seperti area parkir, toilet, tempat ibadah, gazebo, taman bunga, spot foto unik, food court atau warung makan, serta gift shop atau toko oleh-oleh. 

Dengan adanya fasilitas-fasilitas tersebut, pengunjung dapat merasa nyaman dan betah menikmati wisata di Batu Angkruk.

Harga Tiket Masuk

Wisata Batu Angkruk Dieng terbuka untuk umum, setiap pengunjung yang masuk akan dikenakan biaya tiket masuk. Harga tiket masuknya adalah Rp. 20.000 per orang. Selain itu, biaya parkir untuk kendaraan bermotor, yaitu Rp. 2.000 untuk sepeda motor dan Rp. 5.000 untuk mobil atau roda 4. 

Jam Operasional

Wisata Batu Angkruk Dieng menyajikan keindahan pemandangan alam, seperti matahari terbit di pagi hari dan matahari terbenam di sore hari. Tempat wisata ini terbuka setiap hari, Senin hingga Minggu, mulai pukul 04.00 pagi hingga pukul 19.00. Jadi, pengunjung dapat datang ke tempat wisata ini sesuai dengan keinginan dan waktu yang diinginkan.

Aktivitas Wisata

Ketika mengunjungi wisata Batu Angkruk di Dieng, kamu dapat menikmati momen wisata atau liburan kamu dengan beberapa aktivitas. Berikut adalah beberapa aktivitas yang bisa kamu lakukan di Batu Angkruk:

Menikmati Sunrise
Wisata Batu Angkruk merupakan salah satu tempat yang menghadirkan matahari terbit. kamu bisa menikmati keindahan matahari terbit dari Batu Angkruk dengan datang ke sini sebelum fajar.

Mencari Foto di Spot-spot Unik
Batu Angkruk memiliki spot foto yang sangat menarik dengan latar belakang keindahan alam. Salah satunya adalah Teras Kaca atau Jembatan Kaca Dieng. Ada juga spot foto lainnya seperti taman bunga yang indah, ayunan, dan gazebo yang bisa digunakan sambil bersantai.

Menikmati Rest Area dengan Pemandangan Indah
kamu juga bisa singgah di rest area untuk minum kopi bersama gorengan hangat yang disajikan oleh pedagang di sekitar area wisata.

Itulah beberapa informasi tentang wisata Batu Angkruk Dieng, mulai dari lokasi, harga tiket, jam operasional, hingga aktivitas yang bisa dilakukan saat mengunjungi tempat wisata favorit di Wonosobo.