Dieng Park

Di Dieng, Jawa Tengah, terdapat beberapa tempat yang terkenal untuk menikmati matahari terbit dipagi hari, yaitu Puncak Sikunir dan Gardu Pandang Tieng. Puncak Sikunir dikenal sebagai tempat Golden Sunrise dengan hiasan kabut-kabut dan pemandangan puncak gunung di Jawa Tengah.

Sementara di Gardu Pandang Tieng, kita bisa melihat pemandangan Kabupaten Wonosobo dari ketinggian dan kemegahan Gunung Sindoro. Namun kali ini, saya ingin mencoba menikmati sunrise di Dieng dari spot lain, yaitu Dieng Park yang berada di sebelah Telaga Warna Pengilon.

Wilayahnya termasuk bukit sehingga kita bisa melihat pemandangan Telaga Warna dan Telaga Pengilon dari ketinggian dan bayangan indah dari refleksi warna jingga dari munculnya matahari yang perlahan-lahan keluar dari ufuk timur.

Rute Menuju Dieng Park

Rute menuju Dieng Park cukup mudah ditempuh karena letaknya bersebelahan dengan Telaga Warna Pengilon dan merupakan bagian dari jalur wisata Dieng. Namun, pengelolaan Dieng Park berbeda dengan Telaga Warna Pengilon yang dikelola oleh BKSDA Jawa Tengah, sedangkan Dieng Park ini dikelola oleh Pemda setempat. 

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk Dieng Park cukup terjangkau, yaitu seharga Rp. 10.000. Namun, saat kami datang pas sunrise, tidak ada yang menjaga loket sehingga kamu bisa masuk gratis. Telaga Warna Pengilon menawarkan pemandangan dari dekat, serta wisata spiritual berupa goa-goa di tengah telaga. Sedangkan Dieng Park menawarkan wisata berupa pemandangan Telaga Warna Dieng dari ketinggian, taman bermain untuk anak-anak, serta fasilitas perkemahan.

Dari loket masuk, kita sudah bisa melihat taman bermain yang dilengkapi dengan berbagai macam wahana permainan anak-anak, seperti ayunan, jungkat-jungkit, serta beberapa bangunan tema camp Indian yang cocok sebagai spot untuk berselfie.

Jika kita mengikuti jalan setapak yang mengarah ke atas bukit, kita akan disambut oleh dinding buatan yang didesain ala Jepang-Jepangan yang dapat digunakan sebagai spot untuk berfoto.

Spot Sunrise Telaga Warna Dieng

Di atas bukit terdapat spot pemandangan yang indah untuk melihat Telaga Warna Pengilon dari ketinggian. Di tempat tersebut terdapat beberapa kursi panjang dan meja yang dapat digunakan untuk duduk menikmati pemandangan danau, sambil menyantap makanan yang dibawa dari luar atau yang dapat dibeli di kantin yang ada di Dieng Park.

Ada tangga yang dapat digunakan untuk naik lagi menuju puncak dari kaldera yang mengelilingi Telaga Warna Pengilon. Selama perjalanan ke atas, terdapat gazebo atau shelter untuk beristirahat di sebelah kiri jalan, sementara di sebelah kanan jalan terdapat pemandangan telaga warna yang tertutup dahan-dahan pohon.

Di atas puncak, juga ada Camping Ground yang cukup luas dan dapat menampung sekitar 20 tenda. Camping ground ini sangat mewah, dengan pemandangan Telaga Warna Pengilon yang bebas dari tutupan dahan pohon. Dari kejauhan, kita juga dapat melihat spot bukit Ratapan Angin yang berada di sebrang kaldera.