Telaga Dringo

Bicara tentang wisata di daerah Dieng memang selalu menarik. Salah satu spot yang menarik perhatian adalah Telaga Dringo. Telaga Dringo merupakan salah satu telaga yang berada di dataran tinggi Jawa Tengah. Letak telaga yang berada di daerah perbukitan membuat keindahan alamnya semakin menajubkan. 

Pemandangan Telaga Dringo

Pemandangan Telaga Dringo sangat indah dan menenangkan. Wisata ini dikelilingi oleh pohon-pohon yang rimbun dan keindahan alam yang sangat menakjubkan, sehingga disebut sebagai Ranu Kumbolo KW karena mirip dengan danau di Semeru.

Keindahan alam sudah terlihat sejak awal perjalanan menuju telaga ini. Wisatawan akan disuguhkan dengan pemandangan yang asri dari kebun teh, hutan lindung, dan daerah perbukitan yang semakin membuat kamu merasa rileks. Bahkan, ketika kamu sudah sampai, kamu akan disambut oleh udara bersih yang sejuk. Tempat ini sangat cocok untuk kamu yang ingin melepaskan stres.

Waktu terbaik untuk berkunjung ke wisata ini adalah saat pagi hari, karena kamu bisa melihat sunrise atau matahari terbit dari area bukit. Jika kamu merasa tidak punya waktu di pagi hari untuk ke Telaga Dringo karena jauh, ada opsi berkemah juga yang bisa kamu pilih.

Aktivitas di Telaga Dringo

Selain keindahan pemandangan di sini, terdapat sejumlah aktivitas yang menyenangkan yang dapat dilakukan. Pertama, para wisatawan dapat berfoto dengan latar belakang Telaga Dringo. Kedua, kegiatan camping di sini juga tersedia. Jika kamu tertarik untuk bermalam, pihak pengelola sudah menyediakan beberapa lokasi camping yang langsung menuju Telaga Dringo.

Kamu juga tidak perlu khawatir tentang kondisi malam hari karena Telaga ini terkenal dengan keindahan pemandangan malamnya. Namun, saat camping sangat dilarang mencari lahan untuk camping sendiri, terutama yang terlalu dekat dengan Telaga. Hal ini karena wilayah ini merupakan kawasan cagar alam yang dilindungi dan dikhawatirkan akan terjadi pencemaran. Selain itu, kadang-kadang ada embun es yang muncul di sini, sehingga terlalu dekat dengan telaga dapat menyebabkan kedinginan pada tubuh pengunjung.

Selain aktivitas yang sudah disebutkan sebelumnya, pengunjung juga dapat menikmati panorama sunset dan sunrise di sini. Pengunjung dapat melihatnya dengan jelas dari arah timur pada pagi dan sore hari. Untuk sunrise, pengunjung dapat melihatnya setelah subuh sekitar jam 05.25 dan untuk sunset sekitar jam 17.00 WIB.

Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati pemandangan 3 kabupaten di Jawa dengan mendaki Puncak Sawangan. Hanya perlu mendaki sekitar 30 menit dari lokasi Telaga Dringo Dieng.

Lokasi

Jika kamu berencana untuk berlibur ke Telaga Dringo Dieng, kamu hanya memerlukan waktu sekitar 30 menit untuk sampai ke lokasi ini dari tempat wisata Dieng. Telaga Dringo Dieng berada tidak jauh dari wisata Candradimuka.

Jalan menuju Telaga Dringo sangat mulus karena pemerintah setempat sudah mulai memperhatikan tempat ini. Namun, meskipun jalan sudah mulus, perjalanan menuju wisata ini cukup ekstrim dan terdapat banyak tikungan. Oleh karena itu, jika kamu mengemudi kendaraan pribadi, pastikan kamu dalam kondisi fit. Namun, jika kamu tidak ingin terbebani dengan perjalanan ini, kamu dapat menyewa jeep dan minta diantar ke Telaga Dringo.

Fasilitas

Untuk fasilitas umum di Telaga Dringo sudah tidak perlu dikhawatirkan lagi, semuanya sudah tersedia dengan lengkap, mulai dari fasilitas toilet hingga mushola. Hal ini dilakukan untuk menjamin kenyamanan pengunjung. 

Harga Tiket

Harga tiket masuk ke Telaga Dringo cukup murah yaitu sekitar 5000-10000. Harga 5000 untuk pengunjung yang datang pagi hari dan 10000 untuk pengunjung yang ingin melihat keindahan pemandangan malam di Telaga Dringo.