Embung Kledung

Salah satu destinasi wisata baru di Temanggung yang layak dikunjungi adalah Embung Kledung. Wisata alam ini memiliki pemandangan alam yang sangat indah. Embung Kledung adalah sebuah waduk yang digunakan sebagai penampungan air hujan. Waduk ini berfungsi sebagai cadangan air untuk perkebunan di sekitar embung.

Saat ini, Embung Kledung telah berkembang menjadi salah satu tempat wisata baru di Temanggung. Di sini, kamu dapat menikmati pemandangan embung dengan latar belakang gunung Sindoro dan Sumbing yang indah. Selain itu, adanya perkebunan milik penduduk di sekitar area wisata akan membuat kamu merasa nyaman untuk berlama-lama di sini.

Lokasi Embung Kledung

Embung Kledung berada di Jalan Raya Parakan-Wonosobo, Tlahap, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Meskipun tidak berada di pinggir jalan, lokasi Embung Kledung yang populer ini mudah dijangkau.

Rute Menuju Embung Kledung

Jika kamu berasal dari Magelang, kamu dapat mengambil jalur Magelang-Wonosobo melalui Secang. Ikuti jalur tersebut hingga sampai di perbatasan Kledung-Wonosobo-Temanggung. Di perbatasan tersebut terdapat pom bensin, setelah itu ada sebuah kuburan. Sebelum kuburan terdapat jalan setapak di sebelah kanan jalan. Jalan setapak tersebut merupakan jalan menuju Embung Kledung. 

Kondisi jalannya masih berbatu, sehingga kamu harus sedikit berhati-hati ketika melewatinya. Jarak dari masuk jalan hingga lokasi Embung Kledung sekitar 500 meter. Untuk rute Embung Kledung dari Wonosobo tidak berbeda. 

Pertama, kamu dapat mengambil jalur Wonosobo-Temanggung melalui Kretek. Sesampainya di perbatasan Temanggung-Wonosobo setelah gapura, ada sebuah kuburan di sebelah kiri jalan. Masuk ke jalan setapak setelah kuburan dan ikuti hingga sampai ke Embung Kledung.

Harga Tiket Masuk

Untuk mengisi waktu libur dengan liburan di salah satu destinasi wisata hits di Temanggung, kamu tidak perlu keluar banyak biaya. Embung Kledung memang mematok tarif biaya yang sangat terjangkau untuk semua kalangan. 

Saat ini, harga tiket masuk Embung Kledung hanya Rp 10.000 per orang, sangat murah bukan? Dengan biaya tersebut, pasti semua pengunjung dapat bermain dan bersantai di sini sampai puas. Bagaimana dengan kamu yang ingin camping di sini, tiket masuk Embung Kledung sebesar Rp15.000, sudah termasuk parkir kendaraan sepeda motor.

Namun jika kamu membawa mobil, maka biayanya adalah Rp 20.000. Pasti, jika kamu memilih Embung Kledung Temanggung sebagai tujuan untuk mengisi waktu luang, kamu dijamin tidak akan menguras dompet.

Daya tarik Dari Wisata

Salah satu hal yang membuat wisata alam di Temanggung ini sangat menarik untuk dikunjungi adalah pemandangan matahari terbit dan terbenamnya. Di sini, kamu dapat menikmati matahari terbit dan terbenam. 

Waktu terbaik untuk mengunjungi wisata ini adalah pagi hari sekitar pukul 5.30 dan sore hari saat matahari terbit dan terbenam. Jam buka Embung Kledung adalah 05.30 hingga 18.00. Namun, kamu tetap dapat mengunjungi wisata ini di luar jam buka.

Selain Embung Kledung, Temanggung juga memiliki tempat wisata yang sama indahnya, yakni Wisata Alam Posong Temanggung. Destinasi ini juga termasuk wisata baru di Temanggung dan berlokasi dekat dengan Embung Kledung.

Fasilitas

Embung Kledung selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan, terutama pada akhir pekan dan musim liburan. Banyak dari mereka yang datang untuk camping. Pemandangan yang indah dan sarana yang cukup membuat wisata alam ini sangat direkomendasikan. Berikut adalah fasilitas yang tersedia di Embung Kledung:

  • Tempat parkir kendaraan
  • Pusat informasi
  • Kamar mandi/toilet
  • Fasilitas air bersih
  • Area camping
  • Penyewaan alat berkemah
  • Warung wisata
  • Spot foto menarik

Kamu dapat menikmati berbagai keseruan yang ditawarkan oleh Embung Kledung yang menakjubkan dengan berbagai Pemandangan indah. Duduk santai dan jalan-jalan di sekitar area embung akan terasa menyenangkan. 

Udara sejuk khas pegunungan akan membuat momen liburan kamu di sini terasa nyaman. kamu juga dapat mencoba sensasi berkemah untuk menikmati pemkamungan sunrise dan sunset yang mempesona.

Spot Terbaik di Embung Kledung

Camping menjadi salah satu aktivitas favorit yang kerap dilakukan oleh para wisatawan di Embung Kledung. Namun, tidak hanya itu saja yang dapat kamu nikmati, seperti misalnya berfoto-foto di spot terbaik di Embung Kledung yang dikelilingi oleh kebun-kebun milik penduduk setempat.

Dari mana saja kamu melihat, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang indah. Pemandangan paling ikonik di Embung Kledung adalah pemkamungan gunung kembar dari kejauhan, yakni Gunung Sumbing dan Sindoro yang membuat latar belakang tampak begitu gagah. 

Saat cuaca cerah, lereng kedua gunung ini terlihat sangat indah. kamu dapat memanfaatkannya sebagai latar belakang saat berselfie, berfoto bersama, atau merekam video saat berwisata.