Bukit Sikunir

Sebutan negeri di atas awan untuk Dataran Tinggi Dieng memanglah kata yang tepat. Tempat ini menyuguhkan banyak pesona keindahan dataran tinggi yang eksotis. Banyak tempat yang akan memanjakan mata pengunjung, salah satunya adalah Bukit Sikunir Dieng.

Bukit Sikunir menjadi salah satu destinasi favorit di dataran tinggi Dieng, karena puncak bukitnya yang menjadi spot terbaik untuk menikmati sunrise yang indah. Tak heran jika wisatawan dari berbagai daerah berbondong-bondong ingin melihatnya langsung.

Harga Tiket Masuk

Untuk menikmati keindahan alam yang sangat memukau ini, tiketnya sangat murah. Pengunjung hanya perlu mengeluarkan beberapa ribu rupiah saja sudah bisa menikmati keindahan panorama di kawasan wisata ini.

Jam Operasional

Tidak perlu khawatir tentang waktu operasionalnya, Bukit Sikunir buka setiap hari dari pukul 02.00 hingga 18.00 WIB.

Pesona dan Daya Tarik

Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan oleh wisatawan di sini.

Menikmati Golden Sunrise Di Bukit Sikunir Dieng
Perbukitan selalu menyajikan keindahan alam dan kesegaran udara, begitu pula dengan Bukit Sikunir. Meskipun harus menanjak untuk sampai ke puncak, itu tidak menjadi masalah. Keelokan golden sunrise menjadi obat lelah yang ampuh bagi para wisatawan.

Golden sunrise adalah cahaya emas kilauan mentari pagi ketika baru muncul dari peraduannya. Golden Sunrise adalah momen yang sangat luar biasa bisa menikmati salah satu keindahan alam dan mendekatkan diri kepada Tuhan melalui rasa syukur atas anugerah-Nya.

Agar dapat menikmati sunrise, pengunjung harus berangkat sebelum subuh. Jangan takut sendirian, karena jam 3.00 pagi sudah banyak wisatawan yang menuju ke sana. Setelah berjalan kaki selama 30 menit dari pintu masuk, wisatawan akan sampai di Bukit Sikunir.

Menikmati Keindahan Telaga Cebong Di Bukit Sikunir
Setelah turun dari Bukit Sikunir, pengunjung tidak hanya dapat menikmati makanan khas Dieng, tetapi juga akan menemukan tempat lain yang lebih eksotis, yaitu Telaga Cebong.

Untuk menikmati keeksotisan telaga ini, pengunjung harus datang pada saat pagi hari, karena warna biru langit pagi yang terpantul di permukaan air telaga akan membuat kamu kagum. Sementara itu, mengambil foto di saat itu juga merupakan cara yang sempurna untuk mengabadikan keindahan yang yang dihadirkan.

Dengan kedalaman antara 2-4 meter, Telaga Cebong menjadi surga bagi para pemancing. Namun, agar ekosistem telaga ini tetap terjaga, terdapat aturan khusus yang harus diikuti, yaitu larangan menangkap ikan dengan jaring, racun, dan bom.

Mencoba Kuliner Khas Bukit Sikunir
Setelah terpesona dengan keindahan sunrise yang emas di Bukit Sikunir Dieng, sekarang saatnya untuk kembali dan mencoba kuliner khas daerah ini. Perut akan mudah lapar setelah perjalanan yang panjang, jadi jangan lupa mampir ke beberapa warung di dekat parkiran yang menyajikan aneka makanan khas Dieng. Nikmati sajian kuliner yang lezat dan khas di sini sambil menyegarkan diri setelah seharian berwisata.

Fasilitas

Di puncak Bukit Sikunir Dieng, fasilitas yang tersedia sudah cukup lengkap untuk kebutuhan pengunjung. Tidak hanya di bagian bawah, di puncak bukit ini juga telah disediakan fasilitas sholat subuh dan mushola yang nyaman untuk para pengunjung yang ingin menunaikan kewajibannya. 

Selain itu, tempat wudhu juga tersedia, sehingga pengunjung bisa melakukan sholat dengan nyaman dan kondusif di tempat ini. Jadi, jangan khawatir jika ingin melakukan sholat di puncak Bukit Sikunir Dieng. Fasilitas yang dibutuhkan sudah tersedia dengan baik.

Lokasi

Bukit Sikunir masih merupakan bagian dari kawasan Wonosobo, Jawa Tengah. Jika ingin berkunjung ke tempat wisata ini, tak perlu khawatir akan kesulitan menemukannya. Dari Desa Sembungan, cukup ikuti arah ke Bukit Sikunir yang terletak di Kebun & Hutan, Sembungan, Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah 56354.