Kompleks Candi Arjuna

Candi Arjuna merupakan salah satu candi yang ada di dataran tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara. Dikelilingi oleh beberapa candi lainnya, Candi Arjuna memiliki sejarah yang cukup panjang dan menarik. 

Dibangun pada masa pemerintahan Dinasti Sanjaya dari Kerajaan Mataram Kuno pada abad ke-8, candi ini kemudian dikembangkan menjadi tempat wisata yang menarik pada tahun 2010. Hingga saat ini, kompleks Candi Arjuna masih terus digemari oleh wisatawan yang ingin menikmati keindahan candi-candi kuno yang ada di sini.

Harga Tiket Masuk

Nama dari candi-candi yang ada di kompleks Candi Dieng diambil dari tokoh-tokoh dalam Mahabharata, sebuah kisah epik Hindu yang terkenal. Salah satunya adalah Candi Arjuna, yang diperkirakan merupakan bangunan tertua di kompleks ini. 

Candi Arjuna yang terletak di Dieng ini dibangun pada masa pemerintahan kerajaan Kalingga pada abad ke-7, dan merupakan candi yang berwarna hindu dengan aliran Syiwa. Tak hanya indah, harga tiket masuk ke Candi Arjuna juga terbilang terjangkau, hanya sebesar Rp20.000 per orang saja. kamu bisa mengunjungi candi ini setiap hari mulai pukul 08.00-16.00 WIB, dan menikmati keindahan serta sejarah yang ditawarkan di sini.

Alamat dan Rute Lokasi

Candi Arjuna terletak di sebuah kawasan yang indah dan asri, di sekitar banyak pohon cemara dan lahan pertanian milik warga setempat. Udara sejuk yang terkenal di Dieng akan membuat pengunjung yang berkunjung ke Candi Arjuna merasa betah dan nyaman. 

Alamat Candi Arjuna tepatnya di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Provinsi Jawa Tengah. Jarak dari pusat kota Dieng hanya sekitar 2 km, dengan waktu tempuh sekitar 8 menit saja. 

Akses jalan menuju Candi Arjuna juga sangat baik dan bisa ditempuh dengan mudah oleh berbagai jenis kendaraan. kamu bisa menggunakan peta yang tersedia untuk mempermudah perjalanan menuju Candi Arjuna di Dieng.

Fasilitas

Wisata Dieng yang terkenal dan populer ini sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang cukup memadai untuk kenyamanan pengunjung. Berikut ini adalah beberapa fasilitas yang tersedia di Candi Arjuna di Dieng Banjarnegara:
  • Area parkir kendaraan
  • Pemandu wisata Candi Arjuna
  • Kamar mandi
  • Mushola
  • Fasilitas air bersih
  • Rumah makan
  • Kios pedagang oleh-oleh
  • Taman bunga
  • Gazebo/tempat duduk
  • Spot foto menarik
Dengan fasilitas-fasilitas tersebut, kamu dapat menikmati suguhan-suguhan menarik yang disajikan di Candi Arjuna dengan lebih dekat dan nyaman.

Spot Wisata

Kamu bisa mengabadikan setiap momen yang kamu alami selama berlibur di Candi Arjuna dengan mengambil foto atau video. Banyak sudut-sudut yang indah dan menarik yang bisa kamu gunakan sebagai latar belakang untuk foto selfie atau foto bersama. 

Meski tidak ada arca atau patung yang biasa ditemui di candi pada umumnya, kamu masih bisa menikmati keindahan candi-candi di Kompleks Candi Dieng yang terdiri dari Candi Semar, Srikandi, Puntadewa, Sembadra, dan Candi Arjuna, masing-masing dengan bentuk yang unik. 

Jangan lupa untuk merekam setiap spot menarik yang ada di Candi Arjuna agar momen liburan kamu di Dieng tidak terlupakan. Nikmati pengalaman yang berkesan di tempat wisata yang indah ini.