Kebun Teh Tambi

Kebun Teh Tambi adalah tempat wisata agrowisata yang menghadirkan pemandangan sejuk, suasana tenang dan damai. Kebun Teh Tambi adalah destinasi favorit untuk dikunjungi, terutama pada hari libur atau akhir pekan. Tidak hanya wisatawan dari Wonosobo atau Dieng yang datang ke tempat ini, tapi juga orang-orang dari daerah lain. 

Lokasinya yang berada di lereng Gunung Sindoro juga menambah keindahan dan sejuknya udara di tempat ini. Saya rassa orang yang biasa tinggal di kota pasti akan terkagum-kagum dengan panorama dan udara di sini. Minum secangkir kopi atau teh hangat di tengah kebun teh mungkin merupakan salah satu cara terbaik untuk melakukan self healing. 

Berikut adalah ulasan tentang Kebun Teh Tambi Wonosobo sebagai referensi awal untuk menentukan lokasi berlibur dan spot self healing terbaik.

Lokasi Kebun Teh Tambi

Lokasi Kebun Teh Tambi berada di Desa Tambi, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

Rute Menuju Lokasi

Dari pusat kota Wonosobo kamu bisa mengikuti Jl. Merdeka, kemudian dilanjutkan menuju ke Jl. Pangeran Diponegoro, setelah tiba di Jl. Dieng. Kemudian belok kanan ke Jl. Tambi, dan belok kanan lagi untuk sampai di kawasan Agrowisata Perkebunan Teh Tambi. Waktu yang dibutuhkan untuk sampai di sana sekitar 30 menit jika menggunakan mobil.

Kondisi jalan menuju Kebun Teh Tambi cukup bagus, sudah beraspal, dan berkelok-kelok seperti jalan pegunungan umumnya. Di sekitarnya, kamu akan disuguhkan dengan keindahan alam yang sangat menakjubkan.

Jam Buka

Kebun Teh Tambi buka setiap hari Senin sampai Minggu mulai pukul 07.30 hingga 17.00. Namun, kamu dapat datang kapan saja karena tersedia fasilitas camping ground.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk ke Kebun Teh Tambi adalah Rp. 10.000,- per orang, dengan tambahan biaya parkir sebesar:Rp. 2.000,- untuk motor, Rp. 5.000,- untuk mobil

Fasilitas

Fasilitas wisata yang ada di sekitar kawasan Kebun Teh Tambi diantaranya:
  • Warung makanan dan minuman
  • Gazebo
  • Area parkir
  • Toilet
  • Mushola
  • Wahana permainan
  • Camping ground
  • Spot foto
  • Coffe shop
  • Menara pandang

Daya Tarik

Suasana yang Sejuk
Daya tarik utama dari Kebun Teh Tambi adalah panorama alam yang sejuk dan indah. Untuk menikmati seluruh keindahan pemandangan di sana, kamu bisa naik ke menara pandangnya. Disana, kamu akan melihat hamparan kebun teh yang hijau, dipadu dengan birunya langit yang berhiaskan awan putih. Sebuah gradasi warna alam yang sangat menakjubkan. Jangan lupa untuk mengunjungi spot wajib yang satu ini, yaitu menara pandang.

Jika cuaca cerah dan bersahabat, keindahan Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing akan tampak jelas dan menambah keindahan pemandangan di sekitar Kebun Teh Tambi Wonosobo.

Jika datang di pagi hari, kamu bisa melihat beberapa petani teh yang sedang memetik daun teh yang akan diolah di pabrik yang berlokasi tidak jauh dari sana.

Jembatan Kayu yang Eksotis
Selain itu, di Kebun Teh Tambi juga terdapat jembatan kayu yang cukup panjang. Seperti namanya, jembatan ini terbuat dari kayu dan berada di tengah kebun. Jembatan ini digunakan sebagai akses pengunjung untuk berkeliling di sekitar Kebun Teh Tambi. Banyak pengunjung yang menjadikannya sebagai spot untuk berfoto.

Minum Kopi di Tengah Kebun
Minum kopi di tengah kebun teh menjadi salah satu aktivitas yang bisa dilakukan di Kebun Teh Tambi. Tempatnya sangat indah, terutama di sore hari, dan selalu ramai pengunjung.

Setelah sebelumnya berburu foto keren di spot-spot foto yang tersedia, kamu bisa menikmati minuman hangat di spot ini. Dan yang menarik, spot ini memberikan fasilitas foto gratis.

Area Camping
Untuk kamu yang suka camping, Kebun Teh Tambi menyediakan area camping yang bisa kamu manfaatkan untuk kegiatan berkemah bersama komunitas. Menghabiskan malam di alam, mendengarkan suara alam yang jarang didengar, dan di pagi hari akan disambut mentari yang bersinar lembut, pasti akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.