Bukit Scooter

Keindahan alam adalah potensi luar biasa dari Indonesia, mulai dari daerah pantai hingga pegunungan, keindahannya tak terhitung jumlahnya. Hal ini harus diapresiasi oleh masyarakat Indonesia, karena Tuhan telah menciptakan negara ini dengan berbagai keindahan yang luar biasa, salah satunya adalah Bukit Scooter yang berada di Dieng.

Lokasi Bukit Scooter

Bukit Scooter atau yang dikenal juga dengan sebutan Bukit Skuter Dieng, merupakan salah satu tempat wisata baru yang cocok bagi yang hobi berburu foto dan ingin eksis di media sosial. Wisata ini terletak di Desa Dieng, Kulon, Banjarnegara Jawa Tengah. Akses menuju Bukit Scooter sangat mudah karena jalan menuju lokasi telah diaspal dengan baik, sehingga letaknya mudah dijangkau.

Lokasi Bukit Scooter berdekatan dengan beberapa penginapan, candi, dan rumah makan. Salah satu penginapan terdekat yang dapat dikunjungi adalah Homestay Sikunir, yang berjarak sekitar 2 km dari Bukit Skuter Dieng. 

Bagi yang merasa lapar saat hendak pergi atau pulang dari wisata, dapat berkunjung ke rumah makan yang terdapat di Bukit Skuter Dieng. Selain itu, bagi yang tertarik dengan sejarah, setelah berkunjung di wisata ini dapat juga mengunjungi candi Dwarawati dan Candi Arjuna yang berjarak sekitar 4 km dari lokasi.

Bukit Scooter terletak di ketinggian sekitar 2.200 mdpl, yang pastinya akan menyajikan pemandangan yang indah bagi yang ingin berburu foto sunset dan sunrise.

Rute Menuju Lokasi

Wisata Bukit Scooter berlokasi di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Jarak dari Tugu Selamat Datang di Dieng ke Bukit Scooter adalah sekitar 1,1 kilometer dan waktu tempuh sekitar 5 menit. 

Rute menuju Bukit Scooter cukup mudah, dengan cara melewati jalan utara dari Tugu Selamat Datang di Dieng menuju Candi Arjuna. Ada gang yang ditandai dengan tulisan Jl. Masjid Nurul Huda yang harus dilewati, lalu ikuti jalan aspal hingga sampai di pertigaan. Belok kiri dari pertigaan tersebut, dan ikuti jalan hingga sampai di Bukit Scooter.

Dari area parkir, kamu hanya perlu berjalan kaki sekitar 5 menit untuk sampai di puncak Bukit Scooter yang menyuguhkan pemandangan alam yang indah.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk wisata Bukit Scooter sangat terjangkau dengan pemandangan alam yang didapatkan. Setiap pengunjung hanya dikenakan biaya sebesar Rp 5.000 per orang. kamu dapat mengajak teman, keluarga, atau sahabat untuk menikmati pemandangan sunrise dan sunset di wisata ini. Bagi yang sedang berbudget rendah namun ingin berlibur, tempat wisata ini bisa menjadi rekomendasi yang tepat.

Daya Tarik

Ketika berada di Bukit Scooter yang memiliki ketinggian 2.200 mdpl, kamu dapat menikmati pemandangan yang indah. kamu dapat melihat daerah Dieng yang tenang dan damai. kamu juga dapat menikmati pemandangan sunset dan sunrise dengan leluasa dari sudut pkamung 260 derajat. Bagi yang ingin berfoto saat sunrise, pastikan memperhatikan waktu yang tepat untuk memotret agar hasil fotonya maksimal.

Karena sunrise kadang sedikit terhalang oleh bukit, wisata ini menyediakan gardu pkamung untuk melihat peandangan dengan posisi yang lebih tinggi. Hanya butuh waktu 15 menit untuk berjalan kaki menanjak menuju Bukit Skuter. Namun, sebaiknya membawa jaket dan sarung tangan karena suhu di sana cukup dingin.

Jika ingin menikmati keindahan langit di Bukit Scooter, jangan lupa untuk membawa kamera, karena melalui wisata ini kamu dapat melihat galaksi Bima Sakti dan bintang-bintang lainnya karena disini tidak ada polusi udara. Tempatnya juga aman untuk anak-anak, jadi kamu tidak perlu khawatir membawa anak kamu berwisata di sini. Namun, ingatlah untuk tetap menjaga anak kamu.

Wisata ini sangat seru dan dapat dinikmati dengan budget yang rendah. Namun, jangan lupa untuk menjaga kebersihan wisata alam ini. Pastikan untuk membawa kantong plastik besar untuk membuang sampah. Mari kita jaga dan rawat keindahan alam yang Tuhan berikan.